HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Tebing Tinggi

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Tebing Tinggi

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Sosialisasi Excellent Service

on Rabu, 20 Maret 2019. Posted in Kegiatan Pengadilan

Sosialisasi Excellent Service

 

Kegiatan sosialisasi excellent service Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Kelas I B diselenggarakan bekerjasama dengan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pematang Siantar. Penyelenggaraan kegiatan pada hari Rabu tanggal 20 Maret 2019 pukul 09.00-11.30 Wib, bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, dengan instruktur Bapak Hisar Napitupulu (Consumer and Comersial Funding) dan Ibu Nancy (Service Assurance Staff) dari PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Pematang Siantar yang dihadiri oleh jajaran Pengadilan Negeri Tebing Tinggi mulai dari Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural, Staf, Calon Hakim, Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Tebing Tinggi.

 

 

Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, Bapak M. Arif Nuryanta dalam sambutan dan pengarahannya mengharapkan agar seluruh jajaran Pengadilan Negeri Tebing Tinggi bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan excellent service yang disampaikan oleh para instruktur, dan hasil pelatihan dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dengan memberikan pelayanan prima yang baik dan benar. Tujuan pelaksanaannya adalah terpenuhinya para pegawai yang memiliki kemampuan memberikan pelayanan prima dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Negeri Tebing Tinggi. Pelayanan prima ini tidak hanya ditekankan pada bagian front office seperti petugas PTSP dan Satpam, namun juga bagian back office.

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya Pengadilan Negeri Tebing Tinggi mengutamakan prinsip-prinsip yang meliputi pelayanan satu tempat (one stop service), penerapan bisnis proses yang sederhana, pemanfaatan teknologi informasi serta penerapan layanan yang transparan dan akuntabel. Dalam rangka terpenuhinya prinsip-prinsip dimaksud, diperlukan suatu proses strategis dan terpadu untuk menunjang keberhasilan organisasi melalui pengembangan kinerja sumber daya manusia, yang salah satunya adalah melalui kegiatan pelatihan excellent service sehingga mendapat apresiasi yang lebih baik lagi dari mitra kerja/stakeholder yang dilayani.

 

Pada lembaga peradilan, kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dapat dijumpai dalam bentuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sebagai wajah dari lembaga peradilan, meja PTSP diharapkan dapat menghadirkan pelayanan yang prima bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat pencari keadilan. Menyadari akan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan tersebut, maka perlu dilaksanakannya pelatihan “Excellent Service” bagi warga peradilan, khususnya bagi petugas PTSP dan Satpam yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat.



Narasumber dari BTN menyampaikan sejumlah materi dan dilanjutkan dengan simulasi yang dipraktekkan langsung oleh para petugas PTSP. Pada sesi terakhir, Bapak Hisar Napitupulu, Ibu Nancy dan Ibu Dea memperagakan tata cara penerimaan tamu dengan senyum, salam, dan sapa, serta penanganan keluhan pengunjung/stakeholder, termasuk tata cara pelayanan petugas satpam kepada pengunjung/stakeholder.

Untuk memberikan motivasi atau semangat kepada jajaran Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, BTN membuat games dan disambut dengan antusias para jajaran PN Tebing Tinggi. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah masing-masing kepada peserta yang memenangkan games.

 

Pada akhir kegiatan, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi memberikan kesimpulan dari kegiatan tersebut dan berharap materi/informasi yang sangat bermanfaat ini dapat menjadi dasar peningkatan kualitas pelayanan di Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Kelas I B.

 


 


 

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Kelas I B menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

on Senin, 18 Maret 2019. Posted in Kegiatan Pengadilan

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Kelas I B menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Dalam rangka upaya pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 di lingkungan Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Bapak M.Arif Nuryanta, SH, MH selaku Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi menggelar Pencanangan Pembangunan Zona Integritas. Acara dilaksanakan pada hari Senin tanggal 18 Maret 2019 di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Tebing Tinggi. Acara yang bertema “Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Kelas I B menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani“ tersebut dihadiri oleh Jajaran FORPIMDA dan pimpinan Instansi terkait di Kotamadya Tebing Tinggi  atau yang mewakili yaitu dari DPRD Tebing Tinggi, Walikota Tebing Tinggi, Kepolisian Resort Tebing Tinggi, Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi, Lapas Tebing Tinggi,  BNNK Tebing Tinggi, Dandim 0204/DS Lubuk Pakam dan juga Warga Pengadilan Negeri Tebing Tinggi.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa :

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Kelas 1 B sebagai bagian dari kesungguhan institusi PN Tebing Tinggi dalam mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya korupsi disertai dengan upaya untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Bahwa makna dari Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Bahwa penerapan Zona Integritas ini merupakan salah satu formula yang tepat untuk dapat mewujudkan ‘Badan Peradilan Yang Agung’ sesuai dengan Visi dan Misi dari Mahkamah Agung RI. Sehingga diharapkan kegiatan pencanangan ini akan dapat melakukan perbaikan secara nyata dimasa mendatang sebagai sebuah landasan yang kokoh, untuk mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai harapan masyarakat.

   Membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM adalah kerja berat oleh karenanya semua pihak mulai dari pimpinan sampai bawahan harus punya komitmen yang kuat, punya mindset (pola pikir dan budaya kerja) yang sama sehingga keberhasilan membangun Zona Integritas ini dapat dicapai. Ada dua sasaran yang ingin dicapai dalam Zona Integritas ini yaitu:

    1.Terwujudnya PN Tebing Tinggi yang Bersih dan Bebas  KKN;

    2.Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik;

Oleh karena itu Pimpinan, Hakim dan Pegawai serta Honorer PN Tebing Tinggi harus bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam membangun dan menjaga Zona Integritas ini, janganlah ada diantara kita yang menodai dengan perilaku yang tidak terpuji.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan integritas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa kemudian ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah.